Archive for the ‘Ragam Seni Budaya’ Category

Sumber: Mailing List Batak Gaul-Yahoogroups

Kutipan email: Esra NABABAN

(Bisnis Indonesia tanggal 12 nopember 2009) Ulos diambang punah, Pemerintah Pusat diminta perhatian Cetak JAKARTA: Kain tenun khas etnis Batak, Sumatra Utara, Ulos terancam punah seiring menyusutnya industri tenun tradisional dan minimnya perhatiannya pemerintah pusat yang cenderung fokus pada kebudayaan etnis Jawa.

(more…)

Sumber: Mailing List Batak Gaul-Yahoogroups

Kutipan email: Jhonny SITORUS

Liputan6.com, Mandailing Natal: Anda penikmat kopi sejati? Nampaknya kegemaran Anda belum lengkap rasanya jika belum menikmati kopi takar khas Mandailing Natal, Sumatra Utara. Penyajian kopi ini tergolong sederhana namun unik karena wadahnya berasal dari tempurung kelapa dan sendoknya diolah dari kulit kayu manis.

(more…)

Sumber: Mailing List Batak Gaul-Yahoogroups

Oleh: Mahadi CAPAH

pandanganHoras,

Aha do tahe Bahasa Batak ni tokek…

Mauliate,

Mahadi Capah

Sumber: http://groups.yahoo.com/group/Batak_Gaul/message/1642

laughingOleh: Hendry LUMBAN GAOL

Bernyanyi Adalah Mengungkapkan Perasaan

Lagu ‘sallotak‘, Salah Satu Cara Menaklukkan Hati Si Cewek

Artinya dari bernyanyi.
Kita bisa melihat bagaimana seseorang itu adanya. Saotik tentang lagu, walopun awak gak tau marende, cuma  kalo di paksakan dari kunci R (alias rukkung, mungkin bisa).

Lagu Batak pun ada juganya dangdut, tapi biasanya yah ini biasanya nih, persentasi OrBa itu tidak terlalu suka lagu dangdut. Gak taulah ya? Cuman nonton dangdut, doyan kali yah?
Kek awak-awak ini, kalo nonton dangdutan, gak harus menikmati lagunya, menikmati orangnya juga kan bole.

Ambal-ambal ni na ambal, (more…)

Sumber: http://groups.yahoo.com/group/Batak_Gaul/message/81413

pandangan

Oleh: Diana SIHOTANG

HORAS,

lagi sepi dengan ke-Batak-an kah? hmmm…

maaffff awal duluan nih…Istilah Orang Batak yang lahir di kota, dikenal dengan sebutan apa yaaa…??

mohon oborrrrnya…

aku sangat tertarik untuk membandingkan Orang Batak yang lahir di BONAPASOGIT (Kota2 yang ada di Sumatera Utara) dan Orang Batak yang lahir di kota (aku, Orang Batak di dalamnya) dari segala faktor misalnya dari segi daya juang, komitmen adat batak, perhatian pada pengembangan SDM Batak dan pembangunan ‘bonapasogit’ atau mungkin faktor lainnya?

(more…)