Sumber: Mailing List Batak Gaul-Yahoogroups

Kutipan email: Diana SIHOTANG

Judul Asli: 2 Hearts Forever

Danau Toba, Sumatera Utara, Indonesia

Sungguh hebat media sosial facebook ini!, fikir ku kembali saat mendapatkan ide penulisan kali ini.
Bagaimana tidak?

HORAS, di hamu sude Pariban hu Simanjuntak!

dan

HORAS, Facebook!

Marga Simanjuntak, khususnya Si Tolu Sada Ina (tiga marga dalam satu ibu.red) yaitu Simanjuntak Mardaup, Simanjuntak (Si)tombuk, dan Simanjuntak Hutabulu adalah salah satu Marga yang berasal dari Suku Tapanuli Utara yang merupakan satu-satunya marga yang secara langsung ber-pariban dengan Boru Hotang. Artinya tidak mengenal kata tidak, mau tidak mau, kapan pun waktunya, bagaimana pun rupa dan kekayaannya, tidak mengenal istilah tua atau muda, dan dimana pun mereka berada baik di dalam atau luar negeri maka seorang Marga Simanjuntak akan langsung memanggil Boru Hotang dengan sebutan ‘pariban’ dan demikian juga sebaliknya. Oleh karenanya maka ku sebut mereka dengan istilah unik-ku tersendiri yaitu ‘pariban sak portibi on’, dan ‘pariban seumur hidup saya’ dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini. Mungkin menjadi hal kecil cenderung biasa bagi orang lain tetapi tidak bagi ku!

Apa beda sebutan marga dan ‘boru’ bagi Orang Batak khususnya?

Marga adalah sebutan nama keluarga bagi setiap laki-laki Batak sedang panggilan ‘boru’ adalah sebutan nama keluarga bagi setiap perempuan Batak sehingga setiap laki-laki atau perempuan Batak akan memangku jabatan satu marga yang didapatnya secara langsung dari ayah kandungnya. Nama keluarga ini biasanya dituliskan di belakang nama seseorang. Seperti tersebut nama Gracio Sidabutar maka ayah dari Gracio memiliki Marga Sidabutar. Demikian pula dengan Diana Boru Hotang dimana ayah dari Diana memiliki Marga Sihotang.

Kata ‘Si’ dalam Marga Sihotang biasanya digunakan oleh pihak laki-laki makanya penulisan dalam Silsilah Orang Batak yang benar bagi nama Diana adalah Diana Boru Hotang. Bedakan dengan penulisan nama yang tertulis di dalam Akta Lahir seseorang yang berlaku di Indonesia!

Sungguh unik cara penulisan ini, bukan?

Danau Toba, Sumatera Utara, Indonesia_1

Apa arti istilah pariban tersebut?

Di dalam kultur Orang Batak ada istilah yang dinamakan hubungan per-pariban-an. Secara umum istilah ‘pariban’ itu sendiri adalah sepupu yang dapat dipasangkan atau dinikahkan dan secara Hukum Adat Orang Batak itu sendiri pun sangat diperbolehkan pernikahan ini. Yang artinya dapat menikah dengan keluarga sendiri yaitu bersama sepupu kandung.

Seorang Laki-laki Batak secara otomatis akan ber-pariban dengan anak perempuan dari ‘Tulang’-nya. Sebutan kata ‘Tulang’ digunakan untuk kakak atau adik laki-laki dari ibu. Demikian pula bagi Perempuan Batak akan ber-pariban langsung dengan anak anak laki-laki dari ‘Namboru’-nya. Sebutan ‘Namboru’ adalah sebutan bagi kakak atau adik perempuan dari ayah.

Demikian pula dengan Marga Simanjuntak yang sudah pasti akan memanggil sebutan ‘Tulang’ kepada seluruh Marga Sihotang sehingga mau tidak mau secara khusus istilah kata ‘pariban’ antara Marga Simanjuntak dengan Boru Hotang pun (anak perempuan dari Marga Sihotang.red) harus disebutkan di antara ke dua marga tersebut.

Semua ini bisa terjadi hanya karena pengaruh cerita adat budaya di antara ke dua marga tersebut sehingga tak heran jika keunikan hubungan per-pariban-an yang mesra di antara mereka dapat terealisasikan di dalam kata dan kalimat. Hingga saat ini pun fakta memang berkata demikian bahwa hubungan kekerabatan yang begitu dekatnya sudah secara otomatis terjadi di antara mereka baik di dalam dunia nyata atau pun di dalam dunia maya seperti perbincangan yang terlihat di dalam pertemanan facebook. Ini salah satu bukti bahwa hubungan intim antara Marga Simanjuntak dengan Boru Hotang terjalin dengan baik selama ini.

Jika ditilik dari Orang Batak itu sendiri maka Marga Simanjuntak akan memiliki dua ‘pariban’ di dalam kehidupannya yaitu ber-pariban langsung dengan sepupunya dan satu lagi ber-pariban langsung dengan Boru Hotang. Demikian juga halnya yang berlaku bagi Boru Hotang itu sendiri.

Jika Anda melihat dan memperhatikan begitu banyaknya Boru Hotang di dalam akun media sosial facebook dari seorang Marga Simanjuntak mungkin menjadi satu hal aneh bagi Anda yang berada di luar Suku Batak pada umumnya tetapi tidak untuk kultur internal Suku Batak karena hal seperti ini sudah ada terjadi sejak ratusan tahun yang lalu. Jadi jangan Anda heran jika lewat media sosial facebook akan terlihat jelas hubungan kedekatan yang intim di antara ke dua marga ini. Begitu pula sebaliknya dengan akun facebook Boru Hotang.

Unik dan luar biasa ke dua marga ini, bukan?

Lewat media sosial facebook dibuktikan bahwa hingga sekarang hubungan kekerabatan yang sangat dekat antara Marga Simanjuntak dengan Boru Hotang masih terjalin dengan sendirinya dan diharapkan hubungan kekerabatan yang sangat dekat ini akan terus dijalin kebersamaannya, mempererat tali persaudaraan tanpa membedakan kata apa, siapa, dan bagaimana karena semua hanya untuk kebersamaan dan memnumbuhkan rasa cinta terhadap budayanya.

Jika ada pertanyaan apakah fenomena hubungan per-pariban-an yang sangat dekat antara Marga Simanjuntak dan Boru Hotang ini patut dipertahankan maka jawaban ku adalah sangat patut untuk dipertahankan dan diteruskan di kemudian hari tetapi catatan merah ku pun menuliskan bahwa ini bukan merupakan tugas yang mudah!

2 hati selamanya!

Two hearts forever!

by me (~ds/ap-Tuesday-13sep11)

Comments
  1. Urip Simanjuntak says:

    Mantappppp Pariban…
    Boru Hotang memang pariban Sak Portibi Marga Simanjuntak Sitolu Sada Ina..
    merupakan hubungan yang sangat spesial yang mungkin tidak di miliki marga lain..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s