Sumber: http://groups.yahoo.com/group/Batak_Gaul/message/1642

laughingOleh: Hendry LUMBAN GAOL

Bernyanyi Adalah Mengungkapkan Perasaan

Lagu ‘sallotak‘, Salah Satu Cara Menaklukkan Hati Si Cewek

Artinya dari bernyanyi.
Kita bisa melihat bagaimana seseorang itu adanya. Saotik tentang lagu, walopun awak gak tau marende, cuma  kalo di paksakan dari kunci R (alias rukkung, mungkin bisa).

Lagu Batak pun ada juganya dangdut, tapi biasanya yah ini biasanya nih, persentasi OrBa itu tidak terlalu suka lagu dangdut. Gak taulah ya? Cuman nonton dangdut, doyan kali yah?
Kek awak-awak ini, kalo nonton dangdutan, gak harus menikmati lagunya, menikmati orangnya juga kan bole.

Ambal-ambal ni na ambal,
Aku suka Lagu Batak, bukan karna cengeng cuman dah dari sekolah minggu di dengar lagu yang nadanya seperti itu. Mulai dari Lagu Buku Ende sampe lagu di rumah.
Bah, ai molo attar adong rupani kaset niba na jolo attar di pagogo do on. Tape naso mar bass dan treble on makkuling.

Awak juga yakin kalo semua member of batak gaul suka denger lagu (kalo aku gak suka denger lagu, bikin lagu iya) ada perumpamaan dari akka dongan na liat na lolo,

molo pajuppa halak batak dua halak, marcatur ma nasida…
molo tolu halak marende ma nasia…
molo opat, markartu…
molo lima???

mungkin demolah…ato apalah.

Jala tupani di setiap laponi halak hita selalu disediakan berbagai alat musik, mulai dari gitar sampe keyboard.

Sekedar marbagi pengalaman rupani, ai molo nunga masuk tuaki salokki, pittor tabodo rukkung on manarik lagu i, jala pittor dinikmati doon.

Marende adalah mengungkapkan perasaan. Dari lagu yang dinyanyikan, kita bisa tau kalo seseorang itu lagi sedih, gembira, ato lagi bingung.

Molo adong rupani mangendehon lagu, Siapakah yang salah (terjemahan bebas), ciptaan ni Tulang Tagor, bah! attar boi do berengon na broken heart ma ra i.

Alai molo siguleppong do i, na lagi pusing ma rai i, molo Surat Narara ni si Jack marpaung…????? bah, akka na putus cinta nama manarik on.

Molo songon hai partenggen????? Attar lagu lissoi ma ra on.

Najolo, di hutaan, bernyanyi adalah salah satu media untuk menarik simpati lawan jenis, ai asa jadi pe ninna oppung doliku tu oppung borukku.

Na songon on do ceritana.

Setiap laki-laki Batak (dulunya nih) mempunyai senjata yang ampuh buat menaklukkan hati si wanita. Dulu kan ada namanya sopo partandangan. Di taman di sopo ini didiami oleh para anak boru yang sudah dewasa atau pun na marsiajar dewasa dope. Disinilah mereka kalo malam tidur bersama sambil menunggu sang pangeran datang. Alai disopo on, totong do diawasi seorang ibu dan biasanya yang sudah janda.

Nah, buat kami para pangeran ganteng, sebelum mengungkapkan rayuan gombal yang bisa menghanyutkan perahu ni si Noak lebih dululah si pemuda mencari ahado na samalan ni siboru ni tulang. Artinya tanya dulu sana sini, apasih sukanya si cewek. Misalna, taulah kalo si cewek suka kalo dinyanyikan Lagu Parsobanan.

Di saat malam partandangan tiba, biasanya malam minggu, berkunjunglah si rombongan pemuda tadi ke sopo partandangan tadi. Mereka biasanya terdiri dari beberapa orang. Setelah sampe di halaman sopo partandangan, dimulailah marende dari lagu pertama sampe lagu ke dua de es te.

Nah, sebenarnya tujuan mereka kan untuk martandang (sebut saja nama si doli dengan si Sotaronggal dan goarni si cewek si Angel, asa songon na keren)

Dimulai si Sotaronggal-lah menyanyikan Lagu Parsobanan. Disinilah sebenarnya makna dari sebuah lagu diartikan. Biasanya, gitu mendengar lagu itu dinyanyikan diluar maka si Angel akan bertanya sama dongan sapodoman tai, ‘ai ise na marende i eda’, katanya.

Kemudian attar dibaloslah lagu ini dari dalam, diikuti pelan-pelan sampai habis tapi dalam hati si cewek dah tertanam rupani, ‘ise do na marende i?, kayaknya mendirikan bulu kuduk pikirnya.

Step selanjutnya, rombongan si Sotaronggal pun, akan mengetok pintu sopo partandangan i. Marsitandaan ma disi dan biasanya, si Angel akan minta Lagu Parsoban di puter kembali, di repeat (molo istilah di tape recorder) dan itu dah langsung ditanggapi si doli Sotaronggal. Attar di buatma gitar i, di stem-stem saotik songon nasuman, dimulai ma marende.

Dison ma attong olo tubu holong i de es te lahhhhhh…
Dungi mulai ma gombal, dihatai ma akka parbalokan dohot akka na asing tusi.

Marende juga bisa meluluhkan hati seseorang karenya nyanyian harus di ungkapkan dengan perasaan. Kalo tidak, fals, ido kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s