pandanganhttp://groups.yahoo.com/group/Batak_Gaul/message/13368

PESTA ADAT

Horas all,

Hope your day fill of joy.

Rekans semuanya….saya boleh minta pendapat kan?

Sejak lahir saya sudah batak.  Inong pangintubu juga batak.  Yang pasti offung juga batak kan?
Jadi darah yang mengalir di tubuh saya itu darah batak total yaitu darah mudar….bukan darah biru.

Saya bangga jadi orang batak dan menghormati budaya batak, termasuk acara-acara adat yang tidak bisa dikatakan sederhana seperti pesta pernikahan di adat batak. Kita semua pasti tahu betapa ribet (aha do tahe bahasa batakna) biaya pesta di adat batak dan mahal. Ternyata untuk benar-benar jadi batak itu mahal ya?

Harus bisa ngasih makan “sahuta”, belum lagi sinamot yang harus dibayar, tapi tak ada istilah bayar sinamot dengan “timbang hosa” kan? karena kalau nikah tak “diadati” berarti dia tidak bisa memenuhi hak dan kewajibannya sebagai Orang Batak (mohon dikoreksi kalau salah).

Lain lagi ceritanya kalau menikah dengan si A Seng atau si Sumarno or si bontar mata…asa sangap inna…ingkon ibahen do margana..alai mambahen marga on tong do arga ate…(supaya terhormat katanya…harus dibuat marganya..tetapi membuat marga pun harganya mahal…red).

Memang katanya  bisa bayar adat belakangan setelah ada rejeki. Terus kalau rejekinya cukup-cukupan gimana?
Karena pesta adat kan bisa sampai puluhan juta. Belum lagi pemenuhan biaya hidup yang semakin tinggi.

Jadi boha nama nasibni halak batak na so tarpatupa ibana songoni. Ingkon tersisih ma halaki di paradaton?
On ma sungkun-sungkun hu tu loloan…..
(jadi bagaimana nasib orang batak yang tidak bisa memenuhi adat ini? apa mereka harus tersisih dari adat?….red…).

Regards fuang,
Rosfenni Malau

Comments
  1. lia says:

    aku cewek umur 21 tahun 3 minggu yang lalu aku hampir menikah dengan orang batak bermarga munthe tp tdk jadi karena suatu hal.
    kalau boleh ingin kutanyakan apakah mahar untuk perempuan di medan sangatlah penting?
    terimakasih

  2. merlin Br. Silaban says:

    Horas, aku cwek yg sudah berumur 28thn. dan belum berumah tangga.menurutku klo ttg sinamot itu tidak terlalu penting ya. yg artinya aku mau menikah bukan karena sinamot yg besar atau mahal. yg penting untuk ku menikah itu diberkati digereja dan Tuhan Yesus yg menjadi pondasi dari rumah tangga ku kelak. bukan karena sinamot yg besar maka cintaku akan menjadi besar atau hebat, bukan itu.aku tidak mau hanya karena gagalnya transaksi sinamot angka natua tua hita gabe gagal do pernikahan ku..dangolo au.(sering terjadi dengar dari teman2ku) molo boi dibiracakon ma na denggan hingga tercapai kesepatakan yg tidak merugikan kedua belah pihak..sinamot yg besar bukan berarti rumah tanggaku akan langgeng selamanya, bukan itu.
    tapi untunglah aku punya orang tua yg tidak rakus akan sinamot sehingga kedua kakak2ku bisa menikah memakai adat batak tanpa adanya pertengkaran sinamot( waluapun kecil), dan rumah tangga mreka aman sampai sekarang.
    maka aku sarankan ngomonglah baik2 dengan orang tua kita.semoga berguna. amin.

  3. berlin manurung says:

    memang berat jadi orang batak…….. harus banyak uang dan banyak teman yg kaya raya. mau kawin harus banyak uang, uang sinamot lain lagi acara adatnya. memang susah do jadi lelaki batak…., hanya keajaiban lah yg datang. tetapi klu ada boru ni raja yg mau tanpa banyak sinamot boleh lah, tapi apa mungkin jaman sekarang. jaman sekarang harus punya pribadi yg kuat.BATAK CENTER

  4. Gultom says:

    Tu sude angka na laho sohot.
    Unang alani sinamot gabe dang jadi sangkap parbagason.
    Sinamot do na balga (godang), sinomot do tong na otik.
    Molo nga satahi angka na marsangkap marbagas boi do sude masijaloan roha (mardos nitahi)
    Adat do nabalga adat do tong na met-met.

    Molo angka natua-tua na bisuk, dang holan hagiot na be ingkon si oloan, sungkononna do anak na manang boru na. Molo nga cocok pasti adong jalan keluar.

  5. Alex says:

    memang toho do na didok ni akka dongan…
    alai tetap do penting sinamot i…
    tergantung to sikon dari kedua belah pihak do…
    molo memang memungkinkan do dohot sinamot na otik dang memberathon pihak parboru tu masalah biaya, why not…
    alai molo dao do poang hutani paranak, hape sinamot otik, bohanamai… holan tu ongkos ni mobil pe hurang, lain tu ulos dohot dekke, dohot na asing, hape keluarga ni parborui pe pas pasan do ekonomina. boha muse mai.. kan penting do tong sinamot…..???

  6. Gagal kawen says:

    Payah org batak ne.. Gara2 pesta adat, ga makan 3thn krna hutang. Cuehh..

  7. michael says:

    Horas.,,
    ap kbar bt smua?? sehat?.,, gw co jawa nh..,, tp gw suka ma orang btak., dan ampe skrang gw masih ngejr2 dia.,, apa sulit yah ngluluhin hati ce orang batak ?? bantu dong.,, makasi. Horas..!!

  8. Kayra says:

    Saya Kayra, baru menikah sih..
    Maunya aku sih dulu nikah yg sederhana aja. Duit mau dipakai utk rumah dan beli perabotan. Tapi pas nikahnya ada aja uang keluar..
    Terkadang sedih uang mengalir begitu derasnya, hanya utk kepuasan dan kebanggaan semata.

    Saranku jika uang terbatas, baik juga kok diadakan di ruang serbaguna gereja. Dekor cantik dan makanannya yang enak. Kurasa cukup ya. Ga usah malu dan sedih! Sekarang banyak kok yg kayak gitu.

    Rejeki sudah ada yang atur bukan?
    Yang penting kan diberkati di gereja, diresmikan catatan sipil dan direstui adat.

  9. Rere says:

    Horas…..
    sya boru batak,
    sya tidak setuju apabila halak hita menikah tanpa mangadati…
    Sinamot do na godang, sinomot do na otik.
    Hatahon denggan sadia na tolap gogo…
    sya yakin orangtua yg bijaksana tidak akan mengecewakan anak mereka.
    (Dang asal di bahen logu namandok : “Anakkon hi do hamoraon di au”
    Orangtua pasti akan mensupport….

    Mauliate n Gb

  10. jungin sitanggang says:

    ((karena kalau nikah tak “diadati” berarti dia tidak bisa memenuhi hak dan kewajibannya sebagai Orang Batak (mohon dikoreksi kalau salah).))

    saya mau koreksi sedikit tentang tulisan diatas…..
    bolo di marga nami (sitanggang) tidak ada perbedaan naung mangadati dohot naso mangadati dope, semua sama didalam adat (termasuk didalam hukum dan pemerintahan)… baik yang sudah dan yang belum mangadati mempunyai hak dan kewajipan terhadap adat batak.
    mauliate.

  11. Amos Boea says:

    Horas di hita sude,Bagaimana nasib orang Batak yg tdk punya hepeng? Sebagai putra/i Batak, satu hal yang selalu kita lupa adalah arti, konsep dan penerapan dari dalil ompunta : Dalihan Na Tolu, ima Somba mar Hula-hula, Elek mar Boru, Manat mar Dongan Tubu. Dengan menerapkan yang ada di konsep ini saya pikir semua pertanyaan anda pasti akan terjawab. Mau bilang “Adat do balga, adat do metmet”, atau spt yg dibilang si Gagal Kawin itu 3 thn ga makan, ini terjadi karena memang kita ini kurang wawasan sama sekali. Sdh bbrp kali saya menemukan orang yang betul2 modal dengkul datang ke Jkt utk minta dikawinkan. Kenyataannya memang bisa! Marilah kita kembali introspeksi diri kita sebagai putra/i Batak : sebelum memvonis, ngaca dulu, sejauh mana kita menyelami adat Batak ini? Kalo dihitung2 kira2 sudah hampir 650 tahun adat Batak ini exist, kenapa baru sekarang2 ini hepeng menjadi masalah??? Soala ni Hepeng boo, boha do parsaoran muna taringot tu Dalihan Na Tolu i?

    Horas & Syalom
    Amos Siboea.

  12. liza pasaribu says:

    gmn yah,,,,,susah memang aplg yg masih primitif bngt…kadang sinamot mnjd suatu kebanggan aplg klo jumlahny besar bisa tersebar kemana2,,,klo menurut ku,,sinamot kan hanya salah satu dr syarat adat saja,,sedikit banyakny tetap saja sinamot,,kalau sudah saling menyayangi n mencintai,,,sinamot tdk jd masalh,,diskusikan baik2. yg pentingkan nnt gmn pasangan tsbt dalm menjalani bahtera dalm rumah tangga,,ok lah nnt sinamotnya besar,,pestanya tunggung,,tp setelah menikah mash pusing mikirn kontrakan,berantem krn uan belnj kurang dll. yg penting dos ni roha. btw,,sp nih y mau nikah…pengn dapat suami or batak nih,,krn slm ini gak perh pacrn sm cow batak,,,,sinamot g msalh kt diskusikan,,,hehehehe…horas n GB us

  13. Toho mai.. Ale manang sinamot aha pe ii sona hu boto.. Ji au di son holan mambereng postingan hamu do, lumayan buat sharing keluhan org buatak. wkekeke.. Huh, bru thu ada blog ato situs batak gaul.. Sharing trus.
    eeeemmada..

  14. Van_Galung says:

    NB: (Naporlu Boto on)

    perlu diingat!!
    Sinamot bkn cuma berlaku utk Halak hita (orang Batak) saja, tetapi di berbagai suku lainpun ada, hanya saja dengan istilah yg berbeda (misalnya: Mahar dsb)

    Anggap saja, bahwa sinamot itu adalah salah satu bentuk dari tanggung jawab pihak laki2 kpd pihak perempuan utk “mengambil” boru nya (anak perempuannya).

    dan “Sinamot” juga digunakan utk keperluan pesta pernikahan itu sendiri koq,

    So, JANGAN BANGGALAH JD ORANG BATAK

  15. Van_Galung says:

    NB: (Naporlu Boto on)

    perlu diingat!!
    Sinamot bkn cuma berlaku utk Halak hita (orang Batak) saja, tetapi di berbagai suku lainpun ada, hanya saja dengan istilah yg berbeda (misalnya: Mahar dsb)

    Anggap saja, bahwa sinamot itu adalah salah satu bentuk dari tanggung jawab pihak laki2 kpd pihak perempuan utk “mengambil” boru nya (anak perempuannya).

    dan “Sinamot” juga digunakan utk keperluan pesta pernikahan itu sendiri koq,

    So, BANGGALAH JD ORANG BATAK

  16. Van_Galung says:

    Mohon maaf…Salah penulisan
    Ralat Penulisan: “So, JANGAN BANGGALAH JD ORANG BATAK”

    Harusnya: “So, BANGGALAH JD ORANG BATAK”

  17. nelson manalu says:

    opputta naparjolo martukkotton siala gundi pinukka ni naparjolo tapature ture ma dipudi.horas halak batak

  18. paulus pudi says:

    HORAS PARJOLO DI HITA SUDE.adat batak memang tiada duanya; teruslah kita jungjung adt kita dan dihimbau agar di ajarkan ke generasi kt, supaya jangan punah kelak.molo taringot tu si namot;sinamot do nagodang sinamot do na otik ,asal mados roha dang adong naso saut.jadi hamu angka naposo sotung mabiar hamu naeng mamungka parbagason ala nisi namot naotik,dos roha mu terus terang di paboa tu nanaeng simatui i,asal ma unang namanggobang. botima horas.

  19. desmi says:

    Parhorasan ma dihita sude…..
    klo menurut saya adat itu sngat penting,,karena kehormatan orang tua kita di mata masyarakat terletak d situ…..untuk pesta pernikahan bisa d bilang butuh biaya yang besar….so untuk yang tidak punya hepeng bagaimana…?????molo na hubuto adong do sada adat nihita molo marpesta kawin dang pola ingkon kaluar hepeng songon godang ni masa sonari….ima goarni adatna manurun….atau pesta adat kecil2an…dison holan keluarga sisolhot do nata undang dohot donga sahuta.dang pola ingkon ribur molo pesta i na penting targarar adat hutang tu hula2,dongan tubu.dohot boru..songoni majo pendapat sian au…

  20. Oh Naposobulung says:

    Saya orang batak mangalap boru jawa.
    Menikah menggunakan adat jawa.
    Tapi saya kok dianggap belum beradat hanya karena tidak menikah secara adat batak.Haruskah pestanya 2 kali….ALAMAK…..

    Menikah secara jawa aja sdh bayak mengeluarkan biaya….apalagi arus menikah lagi secara batak….

    Tolong Punguan Marga Batak se Dunia dibuat aturan tambahan tentang orang batak yg telah menikah dengan suku lain dan serta menikah secara adat suku lain agar bisa diterima secara batak.Harusnya cukup pemberian marga saja jika mangalap boru/anak non batak.

    Inikan menunjukkan betapa EGOISNYA orang batak.Suku lain nggak mempermasalhakan jika ada anggota sukunya menikah secara adat lain/bukan adat mereka.
    Ditempat saya yang kecil pasaran sinamot 10 s/d 20 jt….hitung sendiri dengan biaya mengadatinya habis berapa.Kalau seperti saya sudah adat jawa harus adat batak lagi berapa duit yang habis……

    Kalau gue raja sih….nggak masalah….tapi gue…..hanya karyawan biasa….wkakakakakak
    Jangan heran akhirnya banyak muda mudi batak yang tetap melajang mikirin mahalnya biaya utk menikah.
    Kasihan Bukan…..?????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s