BATU GANTUNG

Posted: December 17, 2008 in Turi-Turian-Legenda

http://groups.yahoo.com/group/Batak_Gaul/message/498

Kalo Batu Gantung ceritanya gimana yah… hehehhehe, ceritanya begini:

Ada sebuah keluarga yang mempunyai gadis cantik, rambutnya panjang, badannya tinggi langsing, memikat hari pemuda untuk meminang jadi istri, konon katanya gadis itu Boru Sinaga. Mudah-mudahan namanya bukan si Eva (Bukan karena saya boru Sinaga loohh…. hehehhe)

Jadi ceritanya orangtuanya ini sangat miskin sekali, untuk makan ajah susah. Pokoknya macho deh… alias mangan co mangan hehhehe. Jadi tiap hari orangtuanya ini berhutang, berhutang dan berhutang akhirnya dililit hutang🙂

Dia berhutang sama saudagar terkaya di Pulau Samosir..ga jelas marganya apa… jadi buat sementara marganya marga sagala ajah dulu yah… hehhehe (maksudku semua marga). Jadi tiap hari dia suruh ajudannya menagih hutang ke rumah orangtua si cewe, tapi hasilnya nihil teman-teman…

Gadis ini telah mempunyai seorang pria yang berlabuh dalam hatinya, marganya juga ga jelas hehehheehe… mereka telah mengikat janji untuk saling setia dan mereka tentunya saling mencintai.. ta ‘iye?…

Akhirnya kesabaran saudagar kaya itu habislah sudah, karena kaki tangannya sudah bolak-balik menagih…engga mampu juga bayar hutang, kemudian saudagar kaya itu menawarkan diri sendiri kepada orangtua si gadis untuk menyerahkan anaknya sebagai istri… agar hutang-hutangnya lunas terbayar, istilahnya melamarlah..Orangtuanya sebenarnya berat hati, dan menyerahkan keputusan pada anak gadisnya.

Berhubung karena sudah terikat janji sama pujaan hati, si gadis sangat sedih dan mengasingkan diri, mengurung diri di kamar dan menangis sepuasnya sepanjang hari ditemani sahabat setianya seekor anjing yang sangat mengerti kesedihan hati tuannya. Sehari sebelum saudagar kaya itu datang menjemputnya, waktu hari sudah gelap, dan ditengah keputus asaannya….. dia terpikir untuk lari dari rumah.

Dia keluar dari rumah mengendap2, sambil berlari2 dia nangis dan menangis … kebayang sama saudagar yang sudah berusia senja yang bakal menjadi suaminya, dan dia berpikir lebih baik mati daripada diperistri sama laki2 tua dan sudah beranak cucu.

Akhirnya dia berlari2 (tanpa rem), rambutnya yang panjang tergerai bergoyang kian kemari dihembus angin gunung yang dingin… diikuti anjingnya yang setia….mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri… terjun ke Danau Toba nauli…Tapi belum sampai ke air danau…rambutnya yang panjang tersangkut di batu.

Makanya batu gantung itu berbentuk seornag gadis yang rambutnya panjang, dan didekatnya ada seekor anjing yang sudah berubah juga jadi batu.

Begitulah kira2…
kalau ada yang kurang lengkap dilengkapi dongan ma ate…

Mauliate

Comments
  1. milton says:

    bagus bgttttttt

  2. Anggiat says:

    trimaksih ito pariban, hebat kali ito mengemas ceritanya. Sepertinya ito ini sedikit pargait yaa….he..he

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s