http://groups.yahoo.com/group/Batak_Gaul/message/13

AI AHA DO FAMILY TREE ON?

FAMILY TREE
(terjemahan bebas: pohon keluarga) atau lebih di-kenal sebagai Silsilah TAROMBO adalah asal usul sebuah keluarga atau suku menurut garis keturunan baik ayah (patrilineal) maupun ibu (matrilineal).

Hampir semua keluarga/suku memiliki silsilah, akan tetapi tidak banyak keluarga yang memelihara silsilah. Berbahagialah kita orang Batak karena identitas berupa MARGA (family name) sangat memudahkan setiap keturunan mengetahui posisi tingkat generasi keberapa seseorang pada saat ini. Namun tingkat pertumbuhan & migrasi penduduk yang demikian pesat, serta perubahan jaman yang demikian cepat pula, makin sedikit orang yang memelihara-nya. Budaya oral (bicara) manusia kini, semakin menguatkan bahwa kita sering lupa mencatat dan mendokumentasikan kisah kisah sejarah dan silsilah keluarga.

Nenek moyang atau Ompung kita dulu sesungguhnya cukup “care” memelihara sejarah melalui penulisan pada “daun laklak” atau daun lontar. Nah, sekarang kita punya komputer dan internet, seharusnya kita lebih mudah menulis dan mendokumentasikan sejarah keluarga, minimal menyusun kembali family tree keluarga terdekat dan mempublikasikannya ke seluruh dunia.

Ibaratnya, kita telah merubah daun laklak menjadi monitor komputer. Di Australia, Eropa, Amerika dan beberapa bangsa /negara maju di dunia saat ini banyak keluarga saling mencari saudaranya yang terpisah jauh puluhan tahun dan dapat bersatu karena adanya situs (website) family tree. Bahkan di Amerika Family Tree dimanfaatkan oleh Pemerintah Federal sebagai salah satu sumber data sensus penduduk, data imigrasi, dsb Yang lebih seru lagi, Family Tree di Internet berhasil mempertemukan keluarga yang terpisah akibat Perang Dunia maupun korban perang Vietnam. Keluarga Sihotang adalah keluarga besar yang di perkirakan jumlahnya mencapai 100 ribu jiwa (belum termasuk “borunya”) yang juga telah tersebar dan banyak yang melanglang buana serta bermukim di seluruh dunia.

sumber: http://www.sihotang.s5.com/ft.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s